Anda Pun Berbakat Cerdas

Setiap orang sama-sama memiliki sekitar seratus milyar sel otak. Hanya saja, bukan jumlah sel otak yang menentukan seberapa cerdas Anda, melainkan jumlah koneksi antara sel-sel otak Anda.

Setiap sel otak kita mempunyai banyak “kabel” (cabang) tipis yang pada dasarnya belum saling sambung dengan kabel-kabel sel lain. Setiap kali otak bekerja, terciptalah koneksi antarkabel yang melibatkan banyak sel otak. Semakin banyak otak digunakan, semakin banyak koneksi tercipta di antara sel-sel otak. Semakin banyak koneksi, semakin cerdas.

Potensi sel-sel otak (yang jumlahnya mencapai seratus milyar) itu terlalu besar bila dibandingkan dengan umur manusia (yang rata-rata hanya sekitar seribu bulan). Kalau pun otak kita selalu bekerja keras sepanjang hayat, potensi kecerdasan yang kita gunakan paling-paling masih kurang dari satu persennya.

Oleh karena itu, kemampuan otak pada dasarnya “tak terbatas”. Selama kita terus belajar, selama itu pula koneksi antarsel otak terbentuk. Walhasil, kita bisa cerdas dan lebih cerdas lagi.

Dengan demikian, jelaslah bahwa tidaklah begitu penting persoalan “seberapa cerdas” (atau “seberapa bodoh”) kita. Yang jauh lebih afdol adalah “bagaimana cara belajar yang mencerdaskan kita”, “bagaimana membangkitkan jenis kecerdasan tertentu yang selama ini belum kita kembangkan”, “aktivitas apa yang mampu melejitkan kecerdasan kita”, dsb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s