Khusyu itu apa ya?.

Kalau kita mendengar atau membaca kata khusyu, apa yang terbayang dalam benak?.

Penuh konsentrasi, sungguh-sungguh, tawadu, ikhlas, pasrah, ridha, rela, tidak mendengar apapun juga, kecuali yang dituju?. Atau apa ya?.

Ataukah tenang, tentram, sungguh, sungguh, tertib, santun, meditasi, perhatian?

Kalau shalat khusyu?.

ya mirip-mirip begitulah. Sholat yang serius, konsentrasi, tawadu, ikhlas, ridha, rela, penuh perhatian, tertib, santun, dan segala yang berbau itulah.

Oke, kita akan punya banyak definisi mengenai sholat khusyu atau kata khusyu itu sendiri. Al Qur’an melalui Al Baqarah ayat 45-46 menjelaskan tentang khusyu adalah :

45. Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,
46. (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.

Jadi, kalau merujuk ayat ini, konsep dasar dari khusyu adalah meyakini bahwa kita akan menemui Tuhan kita, bahwa kita akan kembali padaNya. Inna lillahi wa inna ilahi rajiuun (seperti seruan kalau ada yang wafat ya — kan ucapan ini bukan karena dan hanya karena ada yang meninggal saja).

Nah lo, kalau nggak yakin kita akan kembali kepadaNya, ya nggak bisa khusyu kan. Kalau kita yakin, lalu mengapa saat diberi waktu untuk bertemu denganNya, pikiran di lempar ke sana-sini. Shalat kan untuk mengingatNya, lalu mengapa dipakai untuk ingat yang lain-lain?. Mengapa ya?. Godaan datang dari depan, belakang, kiri dan kanan.

Mengapa?.

Ya.. itu karena kita nggak khusyu?

Astagfirullah, khusyu’ itu adalah yakin kita akan menemui Tuhan. Jadi, jangan biasakan bilang shalat kita nggak khusyu ya. Semakin sering kita mengucapkan dengan mulut dan hati, makin jauh keyakinan kita akan menemuiNya……

So,

itulah yang lalai dalam sholatnya, yang tidak khusyu dalam sholatnya, seperti orang yang tidak yakin akan menemui Allah dan kembali kepadaNya.

Subhanallah.

inni wajjahtu ….. aku hadapkan wajahku ……

Oh.. kalau begitu, selama ini saya kurang mantap dong memahami makna khusyu?.

Yah… kalau begitu kita sama.  Kalau begitu, mari kita sama-sama meningkatkan kapasitas keberimanan kita dengan meningkatkan khusyu kita….  Masa sudah dikasih kesempatan bertemu, masih juga muter-muter sana sini.  Ketemu ketua RT aja nggak begitu, masa berkomunikasi dengan Allah begitu….

One thought on “Khusyu itu apa ya?.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s