Shalat dan Otak Manusia

Kutipan dari http://hudzaifah.org/Article430.phtml

Seorang Doktor di Amerika (Dr. Fidelma) telah memeluk Islam karena beberapa keajaiban yang di temuinya di dalam penyelidikannya. Ia amat kagum dengan penemuan tersebut.

Dia adalah seorang Doktor Neurologi. Ketika ditanya bagaimana dia tertarik untuk memeluk Islam maka Doktor tersebut memberitahu bahwa sewaktu kajian saraf yang dilakukan, terdapat beberapa urat saraf di dalam otak manusia ini tidak dimasuki oleh darah. Padahal setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara yang lebih normal.

Setelah membuat kajian yang memakan waktu, akhirnya dia menemukan bahwa darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak tersebut melainkan ketika seseorang tersebut bersembahyang yaitu ketika sujud. Urat tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini artinya darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikut kadar shalat lima waktu yang diwajibkan oleh Islam. Begitulah keagungan ciptaan Allah.

Jadi, barangsiapa tidak menunaikan sembahyang, maka otaknya tidak dapat menerima darah yang secukupnya untuk berfungsi secara normal. Oleh karena itu kejadian manusia ini sebenarnya adalah untuk menganut agama Islam “sepenuhnya” karena Sifat fitrah kejadiannya memang telah dikaitkan oleh Allah dengan agamanya yang indah ini.

Kesimpulan :
Makhluk Allah yang bergelar manusia yang tidak shalat walaupun akal mereka berfungsi secara normal tetapi sebenarnya di dalam sesuatu keadaan mereka akan hilang pertimbangan di dalam membuat keputusan secara normal. Justru itu tidak heranlah manusia ini kadang-kadang tidak segan-segan untuk melakukan hal hal yang bertentangan dengan fitrah kejadiannya walaupun akal mereka mengetahui perkara yang akan dilakukan tersebut adalah tidak sesuai dengan kehendak mereka karena otak tidak bisa untuk mempertimbangkan secara lebih normal. Maka tidak heranlah timbul bermacam-macam gejala-gejala sosial masyarakat saat ini. []

Sumber: National Geographic 2002 Road to Mecca

26 thoughts on “Shalat dan Otak Manusia

  1. Subhanallah…….

    Semoga banyak lagi rahasia allah yang akn membuat takjub akan kekuasaan Nya…

    Semoga ini bisa memberi pencerahan buat kita semua……

    Dan mempertebal iman kita……

    Syukran

    Wassalam

  2. saya kagum dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa urat syaraf tertentu hanya dialiri darah ketika seseorang melakukan gerakan seperti sujud.

    Tanpa ingin memihak pada agama apapun, asumsi saya berdasarkan artikel penelitian diatas bahwa urat syaraf setiap manusia yang berada di belahan dunia manapun dapat teraliri darah JIKA orang tersebut melakukan gerakan kepala diposisikan seperti umat muslim sujud. Orang yang tidak sholatpun dapat melakukan hal ini.

    • semua agama pada acara ritualnya selalu ada gerakan seperti sujud, bahkan agama atau kepercayaan apapun.
      coba di teliti, karena itu berarti, pada awal penciptaan manusiapun di ajarkan bersujud(gerakan bersujud sambil konsntrasi/berdo’a), siapa yang mengajarkannya? Wallahu alam bi sa

  3. terima kasih atas infonya sangat2
    memang dalam setiap gerakan pada sholat itu mempuyai makna sendiri2 dam mempuyai manfaat yang sangat besar pada diri manusia

  4. Memang benar, kalau kita lihat bentuk otak manusia, kelihatan seperti orang yang sedang sujud. Mungkin itulah maknanya

  5. bagus sekali artikelnya dan komentar-komentarnya mencerahkan. saya minta izin me-link blog saya ke halaman ini.

    bagi yang sedang mencari informasi penanggulangan bahaya narkoba, HIV/AIDS, dan Gangguan jiwa berbasis ajaran Islam, silahkan bersilaturahmi ke blog saya, http://benderahitam.wordpress.com

  6. Ping-balik: Islam Therapy, Program Komprehensif Internasional Untuk Menanggulangi Masalah Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, dan Gangguan Jiwa, Berbasis ajaran Islam « Benderahitam’s Weblog

  7. Thanks buat tulisannya, kalo boleh tulisan ini aku muat di tabloid Al Madani, sebuah tabloid lingkup kecamatan lingkungan saya, biar mereka tahu ttg salah satu manfaat shalat.

  8. itulah sebabnya al-Khaliq (Maha Pencipta)lewat firmanNya selalu memerintahkan berfikir, berinovasi dan bernalar untuk memperhatikan ayat-ayat Tuhan untuk menemukan hakikat Allah di luar diri manusia. Masihkan kita beringkar kepadaNya dan menganggap Tuhan tidak Tahu tingkah laku kita yang justru jauh dari kehendak Allah dan RhmatNya. Subhanaka la ‘ilma lana illa ma ‘allamtana …. Amin.

  9. Assalamu”alaikum Akhi…
    Syukran Katsiran ya atas info nya…
    Mudah2an, melalui ini, ALLAH selalu senantiasa menambah kesadaran kita dan dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada ALLAH Ta’ala, Amin…

  10. Subhaanallah, mengapa masih banyak orang yang belum mau shalat! Itulah perintah Allah jika digali hikmahnya. Ayoo shalat….ayoo shalat, jangan tunda-tunda lagi.”Shalatlah karena Tuhan-Mu dan berkorbanlah”

  11. waw !!!!! buat aku shalat adalah ENERGI DASYAT !!! ketenangan luar biasa yang gue dapet adalah bukan saat gue kumpul sok sok an ma temen gue … ato nakal sana-sini ato pun buang2 umur dengan hal hal gak penting ….

    tapi hal yang paling WAW dalam hidup gue adalah , saat gue ngerasa ALLAH ada dekat dengan gue ,,,, liat ibadah gue … oh my GOD !!!! satu satu nya yg paling gue cintai adalah ALLAH SEMATA !!

  12. Ping-balik: Shalat dan Otak Manusia | TAKTERBATAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s