Sholat Jama’ Bukan Karena Musafir

 http://thetrueideas.multiply.com/journal/item/651

Ya, selama ini mungkin kita hanya mengkaitkan sholat jama’ dengan status kita musafir atau bukan. Ternyata, sebenarnya tidak hanya demikian, karena sholat yang dijama’ (digabungkan waktunya) dapat dilakukan walaupun status kita mukim alias tidak sedang mengadakan perjalanan ke tempat lain.
Setidaknya ada dua keadaan lainnya yang membolehkan demikian: karena hujan dan karena ada keperluan. Dalam hal hujan lebat, maka diperbolehkan kita menjama’ sholat, begitupun dengan kondisi yang terakhir.
Dalam kitab Fikih Sunnah, Syaikh Sayyid Sabiq telah membahas hal ini dalam Bab Menjama’ Sebab Ada Keperluan, menjelaskan bahwa didalam syarah Muslim, Imam An Nawawi berkata: Beberapa imam membolehkan jama’ bagi orang yang tidak musafir, bila ia ada suatu kepentingan, asal saja hal itu tidak dijadikannya sebagai kebiasaan.” Ini juga merupakan pendapat Ibnu Sirin dan Asy-hab dari golongan Maliki, golongan Syafi’i dan dari jamaah ahli hadits lainnya.
Hal ini dikuatkan oleh lahirnya ucapan Ibnu Abbas bahwa jama’ itu dimaksudkan agar tidak menyukarkan ummat, jadi tidak dijelaskan apakah karena sakit atau oleh sebab-sebab yang lainnya.
Hadits dari Ibnu Abbas yang dimaksudkan dalam riwayat Muslim itu adalah:
Artinya: ”Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah menjama’ sholat Dhuhur dan Ashar serta Maghrib dan Isya’ di Madinah, bukan karena dalam ketakutan atau hujan.” Lalu ditanyakan orang kepada Ibnu Abbas:”Kenapa Nabi shallallahu alaihi wasallam berbuat itu?” Ujarnya:”Maksudnya ialah agar beliau tidak menyukarkan ummatnya.”

Wallahu ta’ala a’lam

One thought on “Sholat Jama’ Bukan Karena Musafir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s