Petunjuk aneh bin ajaib itu dari Tuhankah?

saya ingin berbagi cerita dengan bapak tentang pengalaman yang pernah saya alami sekitar setahun yang lalu, sampai sekarang. saya ingin sekali bapak dapat sedikit membantu saya, paling tidak membantu meyakinkan saya,jika apa yang saya alami ini memang merupakan anugrah [petunjuk] dari Tuhan, karena saya sendiri sebenarnya jadi bingung dengan apa yang saya alami ini pak.. awalnya, saya dulu suka sekali puasa senin kemis, memang awalnya niat saya supaya Allah SWT segera mempertemukan saya dengan jodoh saya. saya mulai sering shalat tahajud dan sempat shalat istikharah, saya memohon sama Allah untuk sekedar memberi petunjuk siapa jodoh saya kelak, baik itu orang baru ataupun orang2 dari masa lalu saya, saya pasrah.selang beberapa hari, tepatnya istiqaroh yang ke 2, saya bermimpi bertemu dengan seseorang yang jelas sekali wajahnya, dan saya kenal dia.

sebenarnya agak sulit untuk saya ceritakan pengalaman saya ini,saya juga sempat menyembunyikan dan merahasiakan ini semua bahkan dengan orang tua dan orang2 terdekat saya, saya bisa bayangkan apa reaksi mereka jika mereka tau.sebenarnya orang yang ada di mimpi saya itu, adalah seseorang yang tidak saya sangka2, dan memang tidak mungkin untuk saya percaya, kalau itu mungkin memang petunjuk dari-Nya.

awalnya saya sama sekali tidak menggubris mimpi saya itu, saya teruskan shalat tahajut saya, saya semakin ingin mendekatkan diri pada-Nya, tapi apa yang saya dapat, petunjuk itu semakin jelas, orang itu semakin sering datang dalam mimpi saya, dan disetiap mimipi saya itu keadaanya seperti nyata sekali, bahkan sampai saat saya bangunpun saya masih bisa merasakannya.

dia artis pak, dan asal bapak tau, SAYA BUKAN FANSNYA…!!, karena saya memang tipe orang yang paling tidak suka mengidolakan artis seperti yang lainnya, mereka begitu mengidolakan artisnya, sampai2 mereka rela melakukan apasaja untuk sekedar menarik perhatian sang artis, padahal paling2 sang artis cuma mentok2nya melemparkan senyum kecut dengan mereka, itupun kalau dilihat..???!!!makanya saya bilang ini benar2 tidak masuk akal saya, saya jarang mengikuti cerita2nya di TV, bahkan awalnya waktu saya bermimipi dia, saya belum tau persis kalau dia artis, semakin kesini kebetulan pamornya di TV semakin menjulang, otomatis dia sering muncul di TV, dan banyak sekali sinetron yang dia bintangi, saya baru tau kalau dia artis.

saya semakin meragukan petunjuk itu, sampai akhirnya saya beranikan diri minta sama Allah, agar memberikan petunjuk yang lebih nyata ( maksudnya, bisa saya lihat di dunia nyata), mungkin ini dosa besar, tapi saya hanya ingin yakin tentang kebenaran petunjuk yang saya dapatkan, dan saya ingin kebenaran, dan keyakinan itu memang datang insyaallah memang dari-Nya.pernah saya minta, ketika saya bertanya pada-NYa, saya ingin jika memang jawabanya “iya”, tolong jawab dengan kilatan petirMu.waktu itu saya tanya,”apakah memang benar dia jodoh saya ya…Allah..???PETIR LANGSUNG TERLIHAT….!!!!, dan memang petir itu tidak diikuti dengan suara.(hanya cahaya)saya belum cukup puas, dan saya bertanya lagi,”ya….Allah…. jika memang semua petunjukmu itu benar, haruskah saya meyakini dan mempercayainya..yakinkan aku ya..Allah…”SEKALI LAGI…PETIR ITU DATANG LAGI…!!!, bahkan sebelum saya selesai mengucapkan kata2 yang terakhir, dan frekwensinya lebih lama.

tidak hanya berhenti di situ pak, buanyaaaaakkkkk…. sekali petunjuk yang jelas yang saya dapatkan,dan saya dapatkan jawaban “ya”-Nya lagi lewat warna baju yang dia pakai saat dia ber-acting di sinetronya, sama persis seperti yang saya minta.saya bisa tau sebelum kejadian yang terjadi di dunia nyata semua tentang dia, misalnya sebelum satu peristiwa yang akhirnya muncul di infotainmet, hari sebelumnya pasti saya mimpi bertemu dengannya dan membahas tentang masalah itu dengannya, dan besoknya, kejadian yang diberitakan sama persis seperti yang saya alami di dalam mimpi.dan banyak lagi hal2 kecil yang berhubungan dengan dia, saya bisa tau…ini semua sempat membuat saya hampir gila pak.

ada satu lagi petunjuk yang bikin saya benar2 gila dengan ini semua,saya pernah benar2 lancang dan berdosa, saya maminta satu petunjuk yang benar2 nantinya bisa jadi bukti dan tidak bisa hilang, saya minta Allah tuliskan inisial namanya di ibujari tangan kanan saya. dan Allah BENAR2 MENGABULKANNYA…!!, inisial itu ada keesokan harinya begitu saya bangun tidur.saya shoookkkk…berat melihat inisial itu.saat itu juga saya langsung sujud… minta ampun dengan keraguan saya selama ini, tapi dilain pihak saya juga tidak bisa yakin 100% karna memang itu begitu sulit untuk diusahakan bahkan dibayangkan sekalipun.tapi memang saya yakin tak ada yang tak mungkin jika memang Dia sudah menghendakinya.

saya bingung harus bagaimana menyikapi semua yang saya alami ini, saya ingin memberitaunya, tapi, saya tidak mau dianggap hanya sekedar fansnya yang tergila2 padanya dan mengarang2 cerita supaya dia iba dengan saya. enggak pak saya tidak mau…!!pernah sya coba beranikan diri tulis surat, kebetulan saya tau alamat e-mailnya kakaknya yang memang kebetulan merangkap managernya. dia sempat memberi respon, hanya lewat mengundang saya masuk dalam alamat online-nya, tapi selebihnya tidak ada. saya memutuskan untuk tidak lagi merengek, dan menceritakan yang selengkapnya. terus terang saya benci melakukannya. ini seperti merobek harga diri saya.saya kira sudah cukup lengkap cerita yang saya ceritakan padanya itu. dan selebihnya saya putuskan pasrahkan saja pada Allah. toh dalam hati saya semua petunjuk yang saya dapat juga bukan main2. setahun penuh saya dapatkan semua petunjuknya itu.

saya mohon bimbingannya pak. apa yang seharusnya saya lakukan?? sekarang saya jadi takut meminta petunjuk lagi, karena buat saya semua sudah cukup jelas, tapi satu sisi kecil di hati masih ada keraguan.yang saya lakukan sekarang mencoba melupakan, dan menjalani apa adanya dan tetap berusaha mendekatkan diri pada-Nya karena saya tak ingin jauh dari-Nya saya tdk tau kalau Allah meninggalkan saya sebenarnya, memang tidak dipungkiri, dia memang sosok orang yang saya cari selama ini, (diluar keartisannya) apa yang harus saya lakukan paling tidak supaya dia tau, ini sulit bagi saya karena dia artis, dia banyak yang mengidolakan, dia mungkin bahkan tidak bisa membedakan mana fans2 atau bukan.hampir semua orang2 dekat saya yang akhirnya saya ceritakan jadi bingung bagaimana harusnya membantu saya.

sebelumya saya mengucapkan terima kasih yang besar, mudah2an bapak bisa membantu saya.

Tanggapan M Shodiq Mustika:

Bagi kebanyakan orang, pengalaman ajaibmu itu mungkin sangat aneh. Namun bagi diriku, peristiwa-peristiwa tersebut tidak terlalu aneh. Sebab, aku sendiri pernah mengalami kejadian-kejadian yang mirip dengan yang kau alami itu. Selain itu, pernah pula aku membaca penjelasan “ilmiah”-nya.

Dulu, sebelum melamar seorang gadis yang kini jadi istriku, aku juga mendapat banyak petunjuk aneh yang mengisyaratkan keberjodohanku dengannya. Diantaranya, yang paling aneh menurutku adalah petunjuk yang berupa nama lengkap (bukan sekadar inisial) yang muncul “begitu saja” ketika aku berada dalam keadaan sadar (bukan dalam mimpi). Petunjuk itu aku dapatkan saat aku berada dalam masa remaja-awal, jauh sebelum bertemu dengan dia saat aku sudah menginjak masa remaja-akhir.

Ketika kepadanya aku ungkapkan petunjuk tersebut, dia kemudian menceritakannya ke beberapa sahabat terdekatnya. Tanggapan mereka, “Ah, itu hanya rayuan gombal laki-laki.” Mereka tidak percaya, dan aku memakluminya. (Abis, emang aneh banget, sih.)

Apakah petunjuk-petunjuk yang aneh bin ajaib itu dari Tuhan? Besar kemungkinan, iya. Namun, petunjuk dari Dia itu banyak, dan tidak seluruhnya dapat kita tangkap. Mungkin saja karena perhatian kita terfokus pada yang aneh-aneh, petunjuk lainnya yang tidak aneh malah luput dari pengamatan kita.

Apakah si dia yang “muncul” dalam petunjuk-petunjuk aneh itu adalah jodoh kita? Besar kemungkinan, iya. Namun, jodoh yang disediakan oleh Tuhan bagi kita itu banyak. Mungkin saja karena perhatian kita terfokus pada si dia, jodoh-jodoh lainnya yang tersedia malah luput dari pengamatan kita.

Dalam pengalamanku sendiri, petunjuk-petunjuk aneh mengenai keberjodohanku itu tidak hanya mengenai satu orang gadis (yang kini jadi istriku), melainkan juga beberapa orang wanita lainnya. Bahkan, aku masih mendapatkan petunjuk-petunjuk aneh semacam itu mengenai beberapa wanita ketika aku sudah beristri dan beranak.

Lantas, apakah berbagai petunjuk aneh-aneh itu mendorongku untuk berpoligami? Tidak juga. (Setidak-tidaknya sampai sekarang.) Sebab, aku memperhatikan petunjuk-petunjuk lainnya (dari Tuhan), termasuk yang tidak aneh. (Secara demikian, aku takkan berpoligami selama “tidak memenuhi syarat“.)

Bagaimana dengan penjelasan ilmiah mengenai petunjuk-petunjuk aneh itu? Dari Fisika Modern, kita mendapat penjelasan dari teori “pilihan acak”. (Aku telah menjelaskannya di buku Istikharah Cinta.) Dari Psikologi Jungian, kita memperoleh penjelasan dari teori “keserempakan”. (Aku pernah membacanya di buku Dreams of Wholeness.) Dari filsafat terkini, kita bisa mendapatkan penjelasan dari teori “Law of Attractions“.

Intinya adalah bahwa kita dapat mempengaruhi (bukan mengetahui) keadaan orang lain dan peristiwa-peristiwa di masa-depan melalui doa, harapan, dan keyakinan. Semakin kuat harapan dan keyakinan kita, semakin kuatlah pengaruhnya.

Demikianlah keterangan dariku. Semoga dengan keterangan tersebut, lebih mudahlah bagimu untuk menentukan langkah terbaik sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah Sang Maha Penyayang. Aamiin.

Catatan:

Memang, sebagaimana rezeki, jodoh itu “sudah” ditentukan oleh Tuhan Sang Maha Penentu ketika kita berada di alam kandungan. Namun, Dia itu Mahakuasa pula. Dia berkuasa untuk mengubah takdir-Nya, dan Dia telah mempersilakan kita untuk memohon kepada Dia untuk mengubah takdir kita.

Semua doa bisa mengubah takdir, namun yang menurutku paling istimewa untuk mengubah takdir adalah doa istikharah. Sebab, dalam doa istikharah yang diajarkan oleh Rasulullah terkandung permohonan “ditakdirkan”. (Banyak orang mengira bahwa istikharah itu hanyalah memohon dipilihkan oleh Allah. Padahal disamping itu, doa istikharah mengandung permohonan ditakdirkan dan dimudahkan oleh Dia.)