Teks & Terjemah Doa Istikharah

Teks doa istikharah:

teks arab doa istikharah 1

Allaahumma, innii astakhiiruka bi’ilmika, wa astaqdiruka biqudratik. Baca lebih lanjut

Iklan

Kebiasaan Tahajud yang Terlalu Semangat

Pada artikel yang lalu, sudah kita kenali tanda-tanda tahajud yang “kurang merasa terpanggil oleh Tuhan”. Bagaimana dengan tahajud yang “terlalu merasa terpanggil oleh Tuhan”? Ada jugakah?

Ya. Pasukan iblis sangat lihai mengecoh kita dalam beribadah. Bila mereka gagal membuat tahajud kita kurang (“kurang merasa terpanggil oleh Tuhan”), mereka mungkin saja berusaha menjadikan tahajud kita berlebihan (“terlalu merasa terpanggil oleh Tuhan”).

Baca lebih lanjut

Haruskah makmum membaca Al-Fatihah?

Bolehkah Kita Tidak Membaca Surat Al-fatiha Pada Sholat Berjama‘ah

Assalamualaikum.wr.wb Pak ustadz yang saya hormati saya mau bertanya tentang kewajiban kita memabca surat Al-fatiha dalam sholat berjama‘a, karena saya pernah membaca bahwasanya kalo di bacakan ayat-ayat Al Qur‘an kita harus diam dan menyimak.ini saya kaitkan dng sholat berjama‘a dimana ketika imam selesai membaca surat Al-fatiha langsung di lanjutkan dng ayat-ayat Al Qur‘an yang lain, biasanya saya di sela-sela saat kalo imam berhenti sebentar saya baca surat Al-fatiha tetapi biasanya kalo imam langsung membaca ayat-ayat ALQur‘an yang lain biasanya konsentrasi saya jadi buyar dan malah sering salah-salah dalam membacanya yang akan saya tanyakan apakah kewajiban membaca surat Al-fatiha dalam sholat berjama‘a bagi ma‘mum tetep di wajibkan kalo enggak gimana dengan syarat syah nya sholat, kan harus membaca surat Al-fatiha? Demikianlah pertanyaan dari saya atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih .

Baca lebih lanjut

Manfaatkan lamunan dalam shalat

Untuk contoh “lamunan dalam shalat”, silakan simak curhat dari Dr. Ir. TA Fauzi, seorang dosen ITB, sebagaimana termuat di buku Pelatihan Shalat Khusyu’ (hlm. 124):

Saya masih bingung. Bila ada jawaban masalah duniawi terlintas di pikiran sewaktu shalat, apakah itu ilham yang saya dapatkan atau[kah] shalat saya tidak khusyu. Apakah ilham harus diperoleh setelah shalat atau[kah] dapat sewaktu shalat?

Terhadap lamunan atau pikiran yang menyimpang (dari tujuan shalat) seperti itu, bagaimana sebaiknya?

Baca lebih lanjut

Kaitkan Pikiran dengan Wujud Shalat

Pada garis besarnya, wujud shalat ada dua macam: [1] gerakan atau posisi tubuh yang tertib, [2] ucapan bacaan yang tertib. Lamunan atau pikiran yang menyimpang dapat dikaitkan dengan kedua wujud shalat yang tertib ini.

Kaitkan dengan Gerakan atau Posisi Tubuh

Begitu menyadari bahwa pikiran kita telah menjauh dari tujuan shalat, kita dapat mengalihkan perhatian ke gerakan atau posisi tubuh kita. Umpamanya, pikirkanlah: “Sedang dalam keadaan apakah tubuhku? Dapatkah pikiranku yang sedang melantur ini aku kaitkan dengan keadaan tubuhku? Bagaimana pengaitannya?”

Baca lebih lanjut

Kenapa sih kita sholat? (part 3)

Coba sekarang kita lihat yang point 4 saja : 

Sholat adalah sarana meminta tolong dan berdoa kpd Allah (QS.40:60)

“Tuhan kamu (Allah) berfirman “Berdoalah kepadaku, niscaya aku perkenankan bagimu”. Sesungguhnya orang-orang yang takabur dari menyembah-Ku, mereka akan masuk jahannam dalam keadaan terhina.

Kalo kita ngga’ sholat berarti ada unsur SOMBONG kan dalam diri kita.. Wah wis hebat ta’ kok berani2nya sombong..? Apalagi kepada Allah sing maring’i urip? Berarti klo ga sholat berarti kita ga’ butuh pertolongan Allah, gitu kan makna yg terkadung di ayat tersebut. Lha wis kendel ta…  untuk berkata demikian..? Kan tentun’e mboten toh…?

Kita masih perlu dan perlu.. banget bantuan pertolongan dari Allah, apalagi doa.. otomatis sik perlu sanget.. Ya kan? Memang ibadah sholat dan ibadah2 lainnya tidak memeberikan hasil yang nyata di dunia ini, abis sholat trus proyek lancar, kaya abis ngadep boss. Tapi amalan dan ibadah ini yang nantinya menemani jalan ruh kita di alam kubur, pada saat yang fana ini sudah kita tinggalkan.

Memang kalau kita makna’i dulu kenapa kita kudu sholat..mungkin dari situ akan muncul kesadaran untuk beribadah bukan beribadah karena takut alasan’e…