5 – Tebarkan Hikmah Salat

Last Updated: 10 Maret 2007

First Published: 10 Maret 2007

Tebarkan Hikmah Shalat

Last but not least. Bagian dari S.M.A.R.T. yang terakhir inilah yang menunjukkan bahwa tujuan shalat kita tercapai. Kalau pun kurang memuaskan, inilah saatnya untuk menyempurnakannya.

Tujuan shalat adalah ingat akan sifat Allah. Tujuan ini tercapai bila di luar shalat, kita pun ingat akan sifat-Nya itu, seolah-olah kita berada di dalam shalat. Di segala kegiatan, yang santai atau pun serius, kita dapat mengingat sifat-Nya.

Ingat akan sifat Allah itulah inti kecerdasan spiritual. Inilah yang terutama menjadikan shalat kita mencegah kita dari berbuat keji dan munkar. Saat bercakap-cakap dengan media telepon, misalnya, ingat akan sifat Allah akan mencegah kita dari melecehkan orang, berkata bohong, menyebarkan fitnah, dan sebagainya.

 Sukses

Bagian “Tebarkan Hikmah Shalat” inilah yang memperlihatkan bahwa kecerdasan kita yang meningkat seusai bershalat dapat kita manfaatkan untuk menebar keselamatan ke segala arah. Dengan menebar keselamatan, menjadi tegaklah jalan hidup kita. Dengan demikian, berfungsilah shalat sebagai penolong kita.

Menebar keselamatan tidak hanya bisa kita lakukan melalui doa dan amal, tetapi juga melalui penyebaran ilmu. Ingat, untuk menjadi guru teladan, kita tidak harus menjadi murid teladan lebih dulu. Dengan kata lain, untuk menjadi pelatih yang luar biasa, kita tidak harus menjadi pemain yang hebat lebih dulu.

Untuk contoh, mari kita tengok perjalanan karir Jose Mourinho. Dialah pelatih sepakbola termahal hingga saat ini (tahun 2007).

Selaku pemain sepakbola, kemampuan Mourinho biasa-biasa saja. Prestasinya kalah jauh dari Pele atau pun Maradona. Namun, sebagai pelatih sepakbola, kemampuannya luar biasa.

Selaku pelatih, Mourinho telah membawa klub Porto (klub “kelas menengah” di bawah Real Madrid, Manchester United, AC Milan, dan klub-klub “kelas atas” lainnya) menjuarai Champions League. Dia pun mengantarkan klub yang dilatihnya sekarang, Chelsea, merajai Liga Inggris, salah satu liga sepakbola terbaik sedunia. Prestasinya ini jauh lebih mengungguli karir kepelatihan Pele atau pun Maradona, dua pemain sepakbola terhebat hingga saat ini.

Secara demikian, Anda pun dapat menjadi pelatih shalat yang sangat andal, tak peduli apakah Anda sudah bershalat secara hebat ataukah belum.

Atas dasar pertimbangan itu, besarlah harapan saya bahwa Anda berkenan menjadi salah seorang pelatih Salat SMART. Bukankah Nabi saw. bersabda: “Siapa pun menunjukkan [jalan] menuju kebaikan, niscaya ia memperoleh [pahala] sebesar pahala orang yang mengerjakan [kebaikan] tersebut.” (HR Muslim)?

 

17 thoughts on “5 – Tebarkan Hikmah Salat

  1. tolong ksaih tahu tentang kenapa dalam bacaan shalat hanya menyebutkan nama nabi muhammad dan nabi ibrahim saja

    tolong ya karena sangat penting bagi saya sebagai pemula

    trus tolong juga kasih tahu tentang kenapa kita harus menghadap ka’bah ,sedangkan ALLAH SWT kan ada di mana-mana. terima ksaih .

    SAYA AKAN TUNGGU JAWABANNYA PADA ESOK HARI .TRIMS

  2. ok. sebelumnya terimakasih atas masukan yang telah di berikan pada saya ,jawaban yang anda kirimkan sangat berguna bagi kehidupan saya. trims!

  3. tulisannya bagus tapi,tolong di perlengkap tentang :
    banyaknya remaja yang melakukan shlat tapi masih melakukan perbuatan maksiat,dan tak lain juga dengan wanita yang berjilbab hanya menutupu aurat saja tapi terus juga melakukan perbuatan maksiat ?????//// tolong di jawab ,thanks sebelumnya,,,,,,:;;;;;;;>>>>>>.

  4. Jika sesuatu yang kita kehendaki belum dapat susah hati kita. Setelah dapat bimbang kehilangannya, kemudian apa yang didapat itu rasa tidak cukup, lebih-lebih lagi apa yang dapat itu tidak sebanyak orang lain dapat. Timbul pula tamak memburunya. Sampai bilakah hendak mendapat ketenangan dan kebahagiaan, sedangkan ketenangan dan kebahagiaan itu sesuatu perkara yang tiada nilainya.

    (Abuya Syeikh Imam Ashaari Muhammad At Tamimi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s