Pahala shalat menghapus dosa ciuman

Dari Ibnu Mas’ud r.a., sesungguhnya ada seorang lelaki mencium seorang perempuan [bukan istrinya, bukan muhrimnya], lalu dia datang kepada Nabi saw., dan diberitakannya hal itu kepada beliau. Kemudian diturunkan oleh Allah ayat yang maksudnya: “Dirikanlah shalat pada kedua tepi siang dan sebentar dari malam hari. Sesungguhnya [pahala] kebaikan [seperti shalat] menghilangkan [dosa] keburukan [seperti ciuman itu].” (QS Hud [11]: 114)

Lelaki itu bertanya, “Ya Rasulullah! Apakah [fatwa] ini untuk saya saja?”

Jawab Nabi saw., “[Fatwa ini berlaku] bagi semua umatku.” (Shahih Bukhari, hadits no. 298)

Sebagian pembaca mungkin berpikiran, “Kalau begitu, nanti aku ciuman aja dengan pacarku. Toh dosanya akan terhapus dengan shalat kami seusai ciuman itu.”

Seandainya Anda berpikiran begitu, maka saya bertanya: Apakah bila saya kabarkan hadits yang mengisahkan bahwa dosa orang yang membunuh 100 orang akan diampuni manakala dia bertaubat, maka Anda juga akan membunuh 100 orang dengan alasan bahwa dosa Anda akan diampuni ketika Anda bertaubat?

36 thoughts on “Pahala shalat menghapus dosa ciuman

  1. duh…….enk dunk manusia bisa membunuh seenaknya lalu mereka bertaubat terus terampuni dosanya dan kemungkinan manusia akan menjadi kanibal sehingga di dunia tidak ada pengguninya.ha……ha…….ha……………….ha……….ha………ha……..

  2. cium itu tergantung dari niat kalu niat kita karena sayang ama pacar yach itu ga papa tapi klalau niatnya ada syahwat itu yang dosa

    dosa nggaknya ya nggak tergantung dari niat saja.
    kalo aktivitas ciumnya disertai nafsu ya dosa dong!

  3. Martin…Lo lau ga seh…bersentuhan (pegangan tangan) dgn bukan muhrim itu dosa…???

    Apa lagi ciuman??? mau pake nafsu kek, ngga kek..niatnya sayang atau bukan…yang namanya dosa tetep aja dosa….ngerti dosa ga seh?

    lagipula tanda sayang ama pacar iu ga mesti cimuan…

    Kok bisa2nya seh anda bilang tidak apa2?

    Mana dalilnya?

    • Allah swt brfirman dlm al qur’an surah an naziat ayat 40-41 yg artinya”dan ada pun org2 yg tkut pada kebesaran tuhan nya,dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya maka sesungguh nya surga tmpt tinggalnya”

  4. yg nentuin dosa/gk dosa itu kan bukan kita,Tapi Allah..yg nentuin masuk neraka/masuk surga itu kan bukan kita tapi Allah…

    Berani ngeduluin Dia…????

  5. ciuman sepertinya semua orang juga penah merasakannya, jadi jangan MUNAFIK dech….. soalnya mungkin udah ada garis ilahi buat yang kayak gitu…

  6. Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Simple aja, seorang muslim diWAJIB kan menjadi muslim yg kaffah atau menyeluruh, dan itu sudah tercantum dalam Al-Qur’an. Bgitu pula hadist yg dijadikan pegangan oleh umat muslim. Jadi sudah sepatutnya tdk ada bantahan atau pun sanggahan mengenai apa yg dilarang,apa yg dibolehkan, apa yg halal dan apa yg haram. Artikel yg dtuliskan ini brtujuan untuk mengingatkan antum2 semua bahwa brciuman trhadap yg bukan muhrim adalah keburukan.
    Seorang muslim yg baik adalah muslim yg patuh dan taat dgn sgala kaidah2 serta aturan-aturan dalam islam.

    Katakan salah bila memang salah dan katakan benar bila memang benar. Smoga kita smua terhindar dari adzab Alloh SWT di yaumil akhir nanti. Amin.

    Wallahu’alam bishawab.

  7. iya emg ciuman itu dosa tp
    aku sering,…
    jd dosaku sangat besar…..
    YA ALLAH AMPUNILAH HAMBAMU INI……..
    aku nyesel,.. tp kalo uda ktmu cow ku,
    aku langsung ciuman,…
    YA ALLAH AKU SERING MELAKUKAN DOSA…..
    MAAFKAN AKU YA ALLAH…

  8. waah kalo gitu sebaik’a jgn di kasih tau…………
    kalo di kasih tau tar bnyak yang ngelakuin…..
    abis atu taubat …………hehehehe

  9. Tuk tmn2 seiman&seagama.Gw cma mo m’ingatkn,krna qta sbgai manusia hrs saling ingat m’ingatkn.”Jgn kau dekati zina”.artiny dekati zina aj dilarang apalagi brzina.Marilah dr skrg dr detik ini yu sama2 qta benahi diri dr stiap dosa&kslhan,mumpung qta msh diberi ksmpatan oleh Allah tuk taubat.ALLAH pasti mnerima taubat bagi hamba-Nya yg sungguh2 ingin taubat,yaitu taubatan Nasuhah.Al Fakir Mhn maaf klo ad kata2 dr ane yg sgt jauh dr smpurna,krna kebenaran smata hnya milik Allah Swt Aza Wa Jalla

  10. semuanya telah Allah ketahui hingga yang sekecil apapun.
    hingga turun hadist ini, para remaja sekarang pacaran sudah tidak sehat,buruan menyesali kekhilafan yang kita lakukan ini.
    amien…

  11. Ping-balik: Pahala shalat menghapus dosa ciuman « silfianofera

  12. bener ga kalo mencium wanita dg syahwat seolah-olah berzina 70 perawan.
    dan brang siapa berzina dg perawan,maka ibratnya sdah berzina dg 70.000 janda.

  13. walaupun begitu,ciuman dengan orang yang bukan muhrimnya tetap dosa dan harus dijauhi,kalau sudah nikah ya tak masalah.Shalat bisa menghapus dosa ciuman?walaupun begitu tetap ga boleh ciuman dengan bukan muhrimnya.Bukan masalah enaknya,tapi ini menyangkut akhirat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s